Kamis, 06 Agustus 2020

Makalah Bahasa Indonesia Tentang Kalimat Efektif

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah puji syukur atas kehadirat Allah SWT. karena atas rahmat-Nya saya dapat menyelesaikan tugas makalah bahasa indonesia, yang diberikan oleh ibu Sri Handayani M.Pd. selaku dosen pengampu. Pembuatan makalah bertujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah Bahasa Indonesia dengan judul makalah “Kalimat Efektif”.

Adapun sumber dalam pembuatan makalah ini,didapatkan dari buku-buku maupun jurnal yang membahas tentang bahasa indonesia, kami sebagai penyusun makalah ini, sangat berterima kasih kepada penyedia sumber walau tidak dapat bertemu langsung dan kepada orang tua kami langsung yang selalu mendukung dan mendoakankami sehingga diberilahkemudahan oleh Allah SWT dalam proses pengerjaan makalah ini.

Kami menyadari bahwa setiap manusia memiliki keterbatasan masing-masing, termasuk kami mungkin dalam pembuatan makalah ini masih terdapat banyak kekurangan, oleh karena itu kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Kami berharap ada kritik dan saran dari pembaca agar menjadikan motivasi bagi kami untuk lebih baik lagi kedepannya dan semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

 

Salatiga, 2 Maret 2020

 

Penyusun

 

 

 

 

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR...................................................................................................... ii

DAFTAR ISI..................................................................................................................... iii

BAB I PENDAHULUAN................................................................................................ 1

A.    Latar Belakang................................................................................................................... 1

B.     Rumusan Masalah............................................................................................................. 1

C.     Tujuan Pembahasan........................................................................................................... 1

BAB II PEMBAHASAN................................................................................................... 2

A.    Pengertian Kalimat Efektif................................................................................................. 2

B.     Ciri-ciri Kalimat Efektif ..................................................................................................  2

C.     Syarat-syarat Kalimat Efektif ..........................................................................................  3

D.    Hal-hal yang Harus dihindari dalam Penulisan Kalimat Efektif....................................... 5

BAB III PENUTUP.......................................................................................................... 9

A.    Kesimpulan........................................................................................................................ 9

B.     Saran.................................................................................................................................. 9

DAFTAR PUSTAKA..................................................................................................... 10

LAMPIRAN.................................................................................................................... 11

 


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

      Di masa yang serba berteknologi seperti saat ini, semakin banyak buku yang ditinggalkan karena dianggap ketinggalan zaman dan kurang efektif. Padahal dengan buku kita bisa mengetahui bahasa dan tulisan dengan baik dan benar sesuai kaidah bahasa indonesia. Kalimat efektif dipahami sebagai kalimat yang dapat menyampaikan informasi dan mudah dipahami oleh pembaca. Kalimat efektif minimal terdiri atas S + P yang disusun hendaknya memiliki kelengkapan struktur. Apabila struktur tersebut tidak dipenuhi, kalimat yang disusun menjadi tidak lengkap strukturnya. Kalimat yang tidak lengkap strukturnya dinamakan kalimat yang fragmentaris. Maka dari itu, penulisan dalam karya ilmiah harus menggunakan kalimat efektif dengan tujuan informasinya jelas kepada pembaca.

B.     Rumusan Masalah

1.      Apa pengertian dari kalimat efektif?

2.      Apa saja ciri-ciri kalimat efektif?

3.      Apa saja syarat-syarat dalam kalimat efektif?

4.      Apa saja hal-hal yang perlu dihindari agar kalimat itu efektif?

C.    Tujuan

1.      Untuk mengetahui pengertian kalimat efektif

2.      Untuk mengetahui ciri-ciri kalimat efektif

3.      Untuk mengetahui syarat-syarat yang ada dalam kalimat efektif

4.      Untuk mengetahui hal-hal yang dihindari agar menjadi kalimat efektif

 

 


BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Kalimat Efektif

Dalam sumber tertentu dikatakan bahwa “efektif” adalah berhasil guna. Untuk itu penyampaian harus memenuhi syarat sebagai kalimat yang baik, Dengan demikian akan memenuhi persyaratan pemakaian kalimat efektif dan efisien yang mengacu pada pemakaian bahasa yang baik dan benar. [1]

1.      Terdapat Subjek dan Predikat yang jelas

Contoh :    Anak itu tersenyum.

Bagi saya, belajar itu sangat penting.

2.      Kesejajaran

Jika bagian kalimat itu menggunakan kata kerja berimbuhan di-, maka bagian yang lain juga harus menggunakan imbuhan di-.

3.      Kehematan

Kalimat efektif tidak boleh menggunakan kata-kata yang tidak perlu atau berlebihan.

Contoh :    Bunga-bunga mawar, anyelir, dan melati sangat disukainya.

Pemakaian kata bunga-bunga di atas tidak perlu, karena kata mawar, anyelir, dan melati sudah mengandung kata bunga.

4.      Kelogisan

Kalimat efektif harus mudah dipahami.

Contoh :   Waktu dan tempat kami persilahkan.                         

Kalimat tersebut tidak logis, karena waktu dan tempat adalah benda mati. Kedua kata itu tidak dapat dipersilahkan. Jadi, kalimat tersebut harus diubah menjadi Bapak Penceramah saya persilahkan naik ke podium. [3]

C.    Syarat-syarat Kalimat Efektif

1.      Kesatuan

Kesatuan dalam kalimat efektif dikarenakan adanya ide pokok (S dan P) sebagai kalimat yang jelas.

Contoh:

Bagi yang tidak berkepentingan dilarang masuk. (salah)

Yang tidak berkepentingan dilarang masuk. (benar)

2.      Kepaduan

Kepaduan adalah terjadinya hubungan yang serasi antara unsur-unsur pembentuk kalimat. Unsur-unsur pembentuk kalimat adalah kata, frasa, tanda baca, dan fungsi sintaksis. Kepaduan juga menyangkut pemakaian kata tugas yang tepat.

Contoh:

Kepada setiap pengemudi mobil harus memiliki surat izin mengemudi. (salah)

Setiap pengemudi mobil harus memiliki surat izin mengemudi. (benar)

3.      Ketepatan

Ketepatan adalah kesesuaian pemakaian unsur-unsur yang membangun suatu kalimat sehingga terbentuk pengertian yang bulat dan pasti.

Contoh:

Karyawan teladan itu memang tekun belajar dari pagi sehingga petang. (salah)

Karyawan teladan itu memang tekun belajar dari pagi sampai petang. (benar)

4.      Kehematan

Kehematan yakni hemat pemakaian kata atau kelompok kata.

Contoh:

Hanya ini saja yang dapat saya berikan. (salah)

Hanya ini yang dapat saya berikan. (benar)

Ini saja yang dapat saya berikan. (benar)

5.      Kelogisan

Kelogisan adalah terdapatnya arti kalimat yang logis.

Contoh:

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-57. (salah)

Hari Kemerdekaan ke-57 Republik Indonesia. (benar) [4]

D.    Hal-hal yang Harus dihindari dalam Penulisan Kalimat Efektif

Berikut ini beberapa kesalahan yang umum terjadi dalam penulisan serta perbaikannya.

1. a.       Sejak dari usia delapan tahun ia telah ditinggalkan ayahnya. (Tidak Efektif)

Sejak usia delapan tahun ia telah ditinggalkan ayahnya. (Efektif)

b.      Berbuat baik kepada orang lain adalah merupakan tindakan terpuji. (Tidak Efektif)

Berbuat baik kepada orang lain merupakan tindakan terpuji. (Efektif)

2.      Penggunaan kata yang berlebihan

a.       Menurut berita yang saya dengar mengabarkan bahwa kurikulum akan segera diubah. (Tidak Efektif)

Menurut berita yang saya dengar, kurikulum akan segera diubah. (Efektif)

b.      Kepada yang bersalah harus dijatuhi hukuman setimpal. (Tidak Efektif)

Yang bersalah harus dijatuhi hukuman setimpal. (Efektif)

3.      Penggunaan imbuhan yang kacau

a.       Operasi yang dijalankan Reagan memberi dampak buruk. (Tidak Efektif)

Operasi yang dijalani Reagan berdampak buruk. (Efektif)

b.      Dalam pelajaran Bahasa Indonesia mengajarkan juga teori apresiasi puisi. (Tidak Efektif)

Dalam pelajaran Bahasa Indonesia diajarkan juga teori apresiasi puisi. (Efektif)

4.      Kalimat tidak selesai

a.       Manusia yang secara kodrati merupakan makhluk sosial yang selalu ingin berinteraksi. (Tidak Efektif)

Manusia yang secara kodrati merupakan makhluk sosial, selalu ingin berinteraksi. (Efektif)

b.      Rumah yang besar yang terbakar itu. (Tidak Efektif)

Rumah yang besar itu terbakar. (Efektif)

c.      Gereja itu dilola oleh para rohaniawan secara profesional. (Tidak Efektif)

Gereja itu dikelola oleh para rohaniawan secara profesional. (Efektif)

d.   Manusia membutuhkan makanan yang mana makanan itu harus mengandung zat-zat yang diperlukan oleh tubuh. (Tidak Efektif)

Manusia membutuhkan makanan yang mengandung zat-zat yang diperlukan oleh tubuh. (Efektif)

7.      Penggunaan kata "daripada" yang tidak tepat

a.       Seorang daripada pembantunya pulang ke kampung kemarin. (Tidak Efektif)

Seorang di antara pembantunya pulang ke kampung kemarin. (Efektif)

b.      Tendangan daripada Ricky Jakob berhasil mematahkan perlawanan musuh. (Tidak Efektif)

Tendangan Ricky Jakob berhasil mematahkan perlawanan musuh. (Efektif)

8.      Pilihan kata yang tidak tepat

a.       Dalam kunjungan itu Presiden Yudhoyono menyempatkan waktu untuk berbincang-bincang dengan masyarakat. (Tidak Efektif)

Dalam kunjungan itu Presiden Yudhoyono menyempatkan diri untuk berbincang-bincang dengan masyarakat. (Efektif)

b.      Bukunya ada di saya. (Tidak Efektif)

Bukunya ada pada saya. (Efektif)

9.      Kalimat ambigu yang dapat menimbulkan salah arti

a.      Sopir bus santosa yang masuk jurang melarikan diri. (Tidak Efektif)

Bus santosa masuk jurang, sopirnya melarikan diri. (Efektif)

10.  Pengulangan kata yang tidak perlu

a.       Dalam setahun ia berhasil menerbitkan 5 judul buku setahun. (Tidak Efektif)

Dalamsetahuniaberhasilmenerbitkan5judulbuku. (Efektif)

11.  Kata "kalau"  yang dipakai secara salah

a.       Dokter itu mengatakan kalau penyakit AIDS sangat berbahaya. (Tidak Efektif)

Dokter itu mengatakan bahwa penyakit AIDS sangat berbahaya. (Efektif)

b.      Siapa yang dapat memastikan kalau kehidupan anak pasti lebih baik daripada orang tuanya? (Tidak Efektif)

Siapa yang dapat memastikan bahwa kehidupan anak pasti lebih baik daripada orang tuanya? (Efektif) [5]

 

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

A.    Kesimpulan

Untuk itu penyampaian harus memenuhi syarat sebagai kalimat yang baik, yaitu strukturnya benar, pilihan katanya tepat, hubungan antar bagiannya logis, dan ejaannya harus benar.

Ciri-ciri Kalimat Efektif yaitu Terdapat Subjek dan Predikat yang jelas, Kesejajaran, Kehematan, Kelogisan.

Syarat-syarat Kalimat Efektif yaitu Kesatuan, Kepaduan, Keparalelan, Ketepatan, Kehematan, Kelogisan.

B.     Saran

Sebagai penyusun kami merasa masih ada kekurangan dalam pembuatan makalah ini. Oleh karena itu, kami mohon kritik dan saran dari pembaca.

 

 

 


Daftar Pustaka

Achmad, Sri Wintala. 2015. Buku Induk Mahir Bahasa dan Sastra Indonesia Pedoman Praktis Menulis dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Araska.

Nasucha, Yakub. dkk. 2017. Bahasa Indonesia untuk Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Yogyakarta: Media Perkasa.

Tim SSC Internasional, dkk. 2010. Seri Kuantum Bahasa Indonesia untuk SMA kelas X, XI, XII. Jakarta Pusat: Erlangga.



Footnote


[2] Sri Wintala Achmad, Buku Induk Mahir Bahasa dan Sastra Indonesia Pedoman Praktis Menulis dalam Bahasa Indonesia, (Yogyakarta: Araska, 2015), hal. 219.

[3] Tim SSC Intersolusi, dkk, Seri Kuantum Bahasa Indonesia untuk SMA Kelas X, XI, dan XII, (Jakarta Pusat: Erlangga, 2010), hal 95.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Guru yang Baik dan Professional dalam Mengajar

Guru yang Baik dan Profesional               Guru adalah orang tua kedua bagi para siswa ketika berada di sekolah. Yang tugasnya tidak h...