Kamis, 22 Oktober 2020

Materi Shorof - Fi'il Madhi

 

BAB I

PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang

Mengingat begitu urgen kedudukan shorof, dan begitu peliknya pembahasan tentangnya dan menentukan literature- literature berbahasa Arab adalah tidak kami sia- siakan untuk membahasnya secara sekomunikatif mungkin, karena tidaklah berlebihan para ahli bahasa Arab berpepatah “Shorof adalah ibu( induk) ilmu pengetahuan dan Nahwu adalah bapaknya.

 Secara istilah shorof adalah ilmu untuk mengetahui perubahan- perubahan bangunan kata, baik dari segi i’robnya isim dan fi’il seperti shohih, mudho’af atau mu’tal dan alin sebagainya.

Dengan begitu banyaknya ruang lingkup ilmu shorof, maka pada makalah kali ini akan membahas tentang pembagian wazan- wazan fi’il maziid pada ilmu shorof.

 

B. Rumusan Masalah

1)    Apa yang dimaksud dengan fi’il Madhi?

2)    Apa yang dimaksud dengan dhamir?

3)    Sebutkan contoh perubahannya!

 

 C.  Tujuan Pembahasan

1)         Untuk mengetahui  pengertian fi’il Madhi

2)         Untuk mengetahui pengertian dhamir.

3)         Untuk mengetahui perubahan fi’il madhi kemasukan dhami

 

BAB II

PEMBAHASAN

        FI'IL MADHI

Fi'il Madhi ialah fi'il yang menunjukkan makna yang terjadi pada zaman yang telah lewat. Seperti: نَصَرَ, ضَرَبَ, فَعَلَ dsb.

A. Tanda-tanda Fi'il Madhi

•Fi'il Madhi selamanya difathahkan huruf akhirnya, yang dimaksud dengan difathahkan

  •Dan fathah secara perkiraan seperti:  رَمَى, دَعَا, نَهَى  .

  •Fathah huruf akhirnya itu harus diperkirakan pula bilamana fi'il madhinya bertemu dengn dhomir marfu' (dhomiryang dirofa'kan) karena menjadi fa'ilnya seperti: عَرَفْتُ،نَصَرْتُ،فًعًلْتُ


B.    Dhamir

Adalah yang menjadikata ganti atau subjek dari predikat kata kerja. Pada Fi'il Madhi tambahan yang dapat menentukan dhamir hanya ada dibelakang kata aslinya.

DHAMIR

TAMBAHAN

FI'IL MADHI

ARTI

هُوَ Dia lk

-

فَعَلَ

Dia lk sudah mengerjakan

هُمَا Mereka 2 lk

ا

فَعَلَا

2 lk sudah mengerjakan

هُمْ Mereka> 2 lk

وْا

فَعَلُوْا

Lk banyak sudah mengerjakan

هِيَ Dia pr

تْ

فَعَلَتْ

Dia pr sudah mengerjakan

هُمَا Mereka 2 pr

تَا

فَعَلَتَا

2 pr sudah mengerjakan

هُنَّ Mereka> 2 pr

نَ

فَعَلْنَ

pr banyak sudah mengerjakan

أَنْتَ Kamu lk

تَ

فَعَلْتَ

Kamu lk sudah mengerjakan

أَنْتُمَا Kalian 2 lk

تُمَا

فَعَلْتُمَا

Kamu 2 lk sudah mengerjakan

أَنْتُمْ kalian> 2 lk

تُمْ

فَعَلْتُمْ

Kamu Lk banyak sudah mengerjakan

أَنْتِ Kamu pr

تِ

فَعَلْتِ

Kamu pr sudah mengerjakan

أَنْتُمَا Kalian 2 pr

تُمَا

فَعَلْتُمَا

Kamu 2 pr sudah mengerjakan

أَنْتُنَّ kalian> 2 pr

تُنَّ

فَعَلْتُنَّ

Kamu pr banyak sudah mengerjakan

أَنَا    Aku

تُ

فَعَلْتً

Saya sudah mengerjakan

نَحْنُ Kita

نَا

فَعَلْنَا

Kita sudah mengerjakan

 

BAB III

PENUTUP

Fi’il madhi adalah setiap kata kerja yang menunjukkan pekerjaan yang telah terjadi di masa lampau sedangkan dhamir adalah kata ganti. Jadi fi’il madhi bisa berubah jika kemasukan atau ketambahan dhamir.           


  DAFTAR PUSTAKA

Tajid,Yasir. 2008. 150 Menit Membaca Kitab Gundul. Jakarta: Pustaka ash shaff Adi,Ma’sum. 1992. Al amthilalul tasyri'liyah. Semarang: CV Pustaka Al alawiyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Guru yang Baik dan Professional dalam Mengajar

Guru yang Baik dan Profesional               Guru adalah orang tua kedua bagi para siswa ketika berada di sekolah. Yang tugasnya tidak h...