KATA PEGANTAR
Puji syukur kami
panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya
sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini yang diajukan untuk memenuhi
nilai mata kuliah pengembangan kurikilum. Shalawat serta salam semoga dilimpah
curahkan kepada nabi besar Muhammad SAW.
Tujuan
pertama kami membuat makalah ini ialah untuk memenuhi nilai dalam mata kuliah
pengembangan kurikilum. Serta yang kedua untuk menyampaikan tentang landasan
atau asas pengembangan kurikulum.
Harapan kami dalam pembuatan makalah ini, agar makalah
ini dapat menjadi salah satu acuan yang dapat memberikan wawasan baru kepada
pembaca tentang asas pengembangan kurikulum.
Serta tak lupa kami minta maaf bila terdapat penulisan
ataupun kata kata yang kurang berkenan. Kritik dan saran sangat kami butuhkan
untuk lebih menyempurnakan makalah ini.
Salatiga, 30 November
2020
Penulis
DAFTAR ISI
MAKALAH
LANDASAN/ASAS KURIKULUM
KATA
PEGANTAR
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang
B. Rumusan masalah
C. Tujuan
BAB
II
B. landasan pokok pengembangan kurikulum
1.
landasan filosofis pada pengembangan kurikulum.
2.
Landasan psikologis dalam pengembangan kurikulum
3.
Landasan Sosial Budaya dalam pengembangan kurikulum
4. Landasan Ilmu Pengetahuan dan
Teknologi pengembangan kurikulum
BAB
III
A. Kesimpulan
B. Saran
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang
Kurikulum sebagai rancangan pendidikan
mempunyai kedudukan yang sangat strategis dalam seluruh aspek kegiatan
pendidikan. Mengingat pentingnya peranan kurikulum di dalam pendidikan dan
dalam perkembangan kehidupan manusia, maka dalam penyusun kurikulum tidak bisa
di lakukan tanpa menggunakan landasan yang kokoh.
Kita bisa membayangkan misal bangunan rumah
yang di bangun tidak menggunakan kondasi yang kokoh, ketika terjadi goncangan
atau di terpa angin rumah tersebut bisa mudah roboh.demikian dengan kurikulum
jika di kembangan tidak dengan landasan yang kuat maka kurikulum tersebut tidak
bisa bertahan lebih lama bahkan bisa di tinggal kan oleh para pemakainya.
Jika yang roboh itu sebuah rumah di karenakan
tidak menggunakan kondasi yang kuat
kerugian tidak akan terlalu besar hanya sebanding dengan harga rumah
yang di bangun, dan jika mempunyai uang banyak maka langsung bisa di bangun
kembali tapi bils yang roboh itu kurikulum, sebagai alat untuk mempersiapkan
manusia, maka kerugiannya bersifat fatal dan tidak bisa di ukur dengan materi
karena menyangkut memanusiakan manusia.
Dengan demikian dalam mengembangkan kurikulum,
terlebih dahulu harus di diidentifikasi dan di kaji secara
selektif,akurat,mendalam dan menyeluruh landasan apa saja yang harus di jadikan
pijakan dalam merancang, mengembangkan, dan mengimplementasikan kurikulum.
B.
Rumusan masalah
1 sebutkan landasan pengembangan kurikulum kurikulum
2. jelaskan landasan pokok atau asas asa pengembangan
kurikulum
C.
Tujuan
1. bisa menyebutkan landasan pokok
pengembangan kurikulum
2.dapat menjelaskan landasan
pokok pengembangan kurikulum.
BAB II
B. landasan pokok pengembangan kurikulum
1. landasan filosofis
pada pengembangan kurikulum.
Kurikulum pada hakikatnya adalah alat untuk
mencapai tujuan pendidikan, karena tujuan pendidikan sangat di pengaruhi oleh
filsafat atau pandangan hidup suatu negara, Maka tentu saja kurikulum yang di
kembangkan juga harus mencerminkan filsafat, Atau pandangan hidup yang di anut
oleh negara tersebut. Oleh karena itu terdapat hubungan yang erat antara kurikulum
pendidikan dan filsafah yang di anut oleh negara tersebut.
Sebagai contoh, indonesia pada masa
penjajahan belanda, kurikulum yang di anut pada masa itu berorientasi kepada
kepentingan politik belanda, demikian pula pada masa penjajahan jepang, maka
orientasi kurikulum berpindah yaitu di sesuaikan dengan kepentingan dan sistem
nilai yang di anut oleh negara matahari terbit tersebut.setelah indonesia
merdeka dan secara bulat dan utuh menganut pancasila sebagai dasar dan filsafah
berbangsa dan bernegara, maka kurikulum pendidikan di sesuaikan dengan nilai
nilai yang ada di dalam pancasila.
Terkait dengan perkembangan kurikulum yang
senantiasa di pemharuhi oleh perkembangan politik suatu bangsa; becher dan
manshure menyebutkan 6 dimensi dalam pendekatan nasional berkembangan kurikulum
di suatu negara: yaitu
1. kerangka
acuan yang jelas tentang tujuan nasional di hubungkan dengan program pendidikan.
2. Hubungan yang erat antara pengembangan kurikulum nasional dengan reformasi
politik sosial negara.
3. Mekanisme pengawasan dari kebijakan kurikulum yang di tempuh
4. Mekanisme pengawasan dari pengembangan dan aplikasi kurikulum di sekolah
5. Metode ke arah pengembangan kurikulum yang di sesuaikan dengan kebutuhan
6. Penelaahan derajat desentralisasi (degre of decentralizatition) dari
implementasi kurikulum di sekolah.
Pengembangan kurikulum
walaupun pada tahap awal sangan di warnai oleh filsafat dan ideologi negara,
namun tidak berarti bahwa kurikulum bersifat statis, melaikan senantiasa memerlukan
pengembangan, pembaharuan dan penyempurnaan di sesuaikan dengan kebutuhan,
tuntutan dan perkembangan zaman yang senantiasa berubah dengan cepat.
2. Landasan psikologis
dalam pengembangan kurikulum
Pada dasarnya ada dua jenis psikologi yang memiliki kaitan yang sangat erat
dan harus dijadikan sumber pemikiran dalam mengembangkan kurikulum, yaitu:
Psikologi perkembangan, dan Psikologi belajar. Psikologi belajar, adalah suatu
pendekatan atau studi yang mengkaji bagaimana manusia umumnya melakukan proses
belajar.
3. Landasan Sosial Budaya
dalam pengembangan kurikulum
Pendidikan adalah
proses budaya, manusia yang di didik adalah mahluk yang berbudaya dan
senantiasa mengembangkan kebudayaannya.
4. Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi pengembangan kurikulum
Kurikulum akan
mampu menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang berkembang baik dilihat dari
segi perkembangan sosial budaya maupun ilmu pengetahuan dan teknologi.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Secara pokok
unsur unsur kurikulum meliputi empat komponen utama yaitu: tujuan, isi,
metode/proses dan keempat adalah unsur evaluasi, keempat unsur tersebut antara
sastu dengan yang lain saling terkait dan bekerja sama untuk mewujudkan
tercapainya tujuan pendidik dan pengajar.
B.
Saran
Penulisan makalah ini bertujuan agar
para pembaca dapat mengetahui pengetahuan tentang landasan atau asas kurikulum.
Harapan dari penulis adalah agar pembaca dapat memahami dengan baik. Jika dari
kami masih banyak kekurangan dalam penulisan mohon maaf yang sebesar-besarnya.
DAFTAR PUSTAKA
Glen
Hass (1980) Curriculum Planning : A New Approach. Paperback
Hamalik,
Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran.
Jakarta: Bumi Aksara.
Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran.
Jakarta: Kencana.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar