Selasa, 02 Februari 2021

Makalah Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum

 

KATA PENGANTAR

Allhamdulillah puji syukur atas kehadirat Allah  SWT Alhamdulillah puji syukur atas kehadirat Allah SWT. Karena atas rahmat-NYA  kami dapat menyelesaikan  tugas  makalah  mata kuliah Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab, yang diberikan oleh Miftahus Surur, S.Pd.I.,M.Pd., selaku dosen pengampu. Pembuatan makalah bertujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab dengan  judul makalah “ Peran Guru dalam pengembangan Kurikulum Bahasa Arab”.

Adapun sumber dalam pembuatan makalah ini, didapatkan dari buku yang membahas tentang wawasan  kurikulum, kami sebagai penyusun makalah  ini, sangat berterima kasih kepada penyedia sumber walau tidak dapat bertemu  langsung dan kepada orang tua kami langsung yang selalu mendukung dan mendoakan kami sehingga diberilah kemudahan oleh Allah SWT dalam proses pengerjaan makalah ini.

Kami menyadari bahwa setiap manusia memiliki keterbatasan masing-masing, termasuk kami mungkin dalam pembuatan makalah ini masih terdapat banyak  kekurangan-kekurangan, oleh karena itu kami  mohon maaf  yang sebesar- besarnya. Kami berharap ada kritik dan saran dari pembaca sekalian agar menjadikan motivasi bagi kami untuk lebih baik lagi kedepanya dan semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

 

                                                                                    Salatiga, 17 desember 2020

 

Penulis



DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR.. i

DAFTAR ISI. ii

BAB 1. 1

PENDAHULUAN.. 1

A.   Latar Belakang. 1

B.    Rumusan Masalah. 1

C.    Tujuan. 1

BAB II. 2

PEMBAHASAN.. 2

A.   Peran guru terhadap pengembangan kurikulum.. 2

B.    Sikap dan peran guru pada proses belajar dan mengajar 3

BAB III. 5

PENUTUP. 5

A.   Kesimpulan. 5

B.    Saran. 5

DAFTAR PUSTAKA.. 6

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.    Latar belakang

Di dalam dunia pendidikan ada beberapa komponen yang harus terorganisir dengan baik, diantaranya : guru, murid, materi, metode, media, dan lain-lain. Peran guru sangat penting di dalam proses belajar mengajar, baik itu pelajaran umum, agama, dan tidak ketinggalan pelajaran bahasa asing (Arab). Adapun peranan murid, materi, media, metode, dan komponen lainnya juga dianggap penting, dikarenakan diantara semua komponen yang ada saling melengkapi satu dengan yang lain. Peranan guru dibutuhkan untuk mangarahkan (membimbing) murid untuk belajar, akan tetapi seorang pengajar tidak bisa dikatakan seorang guru kalau di dalam proses belajar tanpa (dihadiri) murid, dan lain sebagainya. 

Dengan peranan besar itulah, guru sebagai pendidik putra putri bangsa, maka ditangan gurulah ‘nasib’ mereka (murid) ditentukan apakah kelak akan menjadi manusia yang berguna bagi  bangsa atau hanya sebagai parasit kehidupan. Oleh karena itulah mutu dan cara pengajaran guru perlu ditingkatka.

 

B.     Rumusan Masalahh

1.Bagaimana peran guru terhadap pengembangan kurikulum Bahasa Arab

2.Bagaimana peran guru terhadap proses belajar dan mengajar

 

C.    Tujuan

            1.untuk mengetahui ssecara mendalam pelaksanaan pengajaran Bahasa Arab

            2.Untuk mengetahui peran guru dalam proses belajar Bahasa Arab

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

A.Peran Guru terhadap pengembangan Kurikulum Bahasa Arab

 

Kurikulum dapat dilaksanakan dengan baik dibutuhkan adanya suatu perencanaan yang sistematis dan memadai. Adapun perencanaan ini meliputi: menentukan tujuan pengajaran, menentukan bahan pelajaran, menentukan metode dan alat pengajaran, dan merencanakan penilaian pengajaran. [1]

Pertama yang harus ditempuh guru dalam merencanakan proses belajar mengajar adalah menentukan tujuan yang ingin dicapai setelah pelaksanaan proses belajar mengajar berlangsung. Tujuan dapat memberi pedoman terhadap apa yang akan dilakukan dan bagaimana cara pelaksanaannya. 

Tujuan ini merupakan suatu pokok bahasan yang lebih spesifik yang merupakan hasil proses belajar mengajar.  Bloom mengklasifikasikan tujuan tersebut ke dalam tiga ranah besar, yaitu: kognitif, afektif dan psikomotorik.[2]Tujuan ini bersumber dari kebutuhan anak, kebutuhan masyarakat, ilmu pengetahuan, dan filsafat .

Mengajar adalah suatu usaha yang sangat kompleks sehingga sukar menentukan bagaimanakah sebenarnya mengajar yang baik. 


            1. Guru yang baik memahami dan menghormati murid 

            2. Guru yang baik harus menghormati bahan pelajaran yang diberikan

            3. Guru menghubungkan pelajaran dengan kebutuhan murid

4. Guru mempunyai tujuan tertentu dengan tiap pelajaran yang diberikan

            5. Guru jangan terikat oleh satu buku pelajaran (textbook) 

6. Guru yang baik tidak hanya mengajar dalam arti menyampaikan pengatahuan saja kepada murid melainkan senantiasa mengembangkan pribadi anak.

 

B. Sikap dan peran Guru pada Proses Belajar

Peranan guru masa kini bukanlah sebagai satu-satunya nara sumber sehubungan dengan kegiatan belajar siswa. Selain sebagai nara sember, guru mempunyai peran lain yaitu diharapkan mampu memotivasi belajar siswa, mampu mengorganisasi isi serta kegiatan belajar siswa, mampu menciptakan situasi belajar yang menyenangkan siswa. Dalam upayanya menciptakan situasi belajar siswa yang menyenangkan, efektif dan efisien, guru diharapkan mampu menyusun tujuan pengajaran yang operasional, menjabarkan dan ,mengatur bahan ajar secara sistematis serta relevan.

Sifat-sifat guru yang disukai oleh murid-muridnya yaitu :

1. Suka membantu dalam pekerjaan sekolah, memberi tgas yang jelas tentangpelajaran dan tugas serta menggunakan contoh beraneka ragam,

2. Gembira, riang mempunyai rasa humor, dapat menghargai sebuah lelucon,

3. Manusia biasa, suka bereman dengan murid, menganggap dirinya seorang anggota dari kelas,

4. Mempunyai minat terhadap murid dan memahami karakter murid-muridnya,

5. Membangkitkan minat untuk belajar, menimbulkan hasrat untuk belajar, membuat pelajaran sessuatu yang menyenangkan,

            6. Dapat mengendalikan kelas, menimbulkan respect,

            7. Adil, tidak mempunyai anak mas,

            8. Tidak marah-marah, kasar, suka mencela,

            9. Anak memahami pelajaran,

            10. Mempunyai pribadi yang menarik dan menyenangkan.[4]

 

Posisi serta peran guru dalam pendidikan sekolah (pengajaran)merupakan ujung tombak, bahkan bersifat menentukan isi kurikulum karena guru pengorganisasi pesan pengajaran bagi siswanya. 

 

BAB III

PENUTUP

 

A.    Kesimpulan

Posisi serta peran guru dalam pendidikan sekolah (pengajaran)merupakan ujung tombak, bahkan bersifat menentukan isi kurikulum karena guru pengorganisasi pesan pengajaran bagi siswanya. 

 

B.     Saran

Semoga Materi pada makalah  ini dapat menambah wawasan pengetahuan dan menambah referensi bagi kami dan para pembaca amin.. Syukron, salah dan kurangnya mohon dimaafkan, dan atas kerendahan hati para pemabaca yang budiman agar kirannya dapat memberi kritik dan solusi.

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Hamalik, Oemar. 1995. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Agustus 2011 VOL. XII NO. 1, 59-67

Retreived from  http://jurnal.ar-raniry.ac.id



[1] 0Sudjana, Nana, Dasar-Dasar Proses…, hal. 31

[2] Bloom, Benjamin S., Taxonomy of Educational Objective: The Classification of Educational Goal, New York: Longman Inc, 1954, hal. 16.

[3] S. Nasution, M. A, Didaktik Asas-asas Mengajar, (Jakarta: Bumi Aksara, 1995), hlm 8-12

[4] H. Mustaqim, Psikologi Pendidikan, (semarang: pustaka pelajar bekerjasama dengan Fakultas Tarbiyah IAIN Wali Songo, 2001), hlm. 94

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Guru yang Baik dan Professional dalam Mengajar

Guru yang Baik dan Profesional               Guru adalah orang tua kedua bagi para siswa ketika berada di sekolah. Yang tugasnya tidak h...